Senin, 02 Maret 2009

Model Pemaduan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT)

ABSTRAK


Kustiandi, Januar. 2008. Penerapan Model Pemaduan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Ekonomi Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 5 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Moch Ichsan, S.E.,M.Pd.,M.Si, (II) Drs. Mardono, M.Si.

Kata kunci: PBL (Problem Based Learning), TGT (Teams Games Tournament), Motivasi, Ketuntasan Belajar.

Seiring dengan berjalannya waktu dan proses perubahan yang cepat dalam lingkungan pendidikan, maka hal tersebut juga berdampak pada perubahan kurikulum pendidikan saat ini, yaitu dengan diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dari pada student-oriented dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui tuntutan dan target dari kurikulum baru yang diterapkan pada tahun ajaran 2006, maka diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan pola pikir peserta didik serta potensi siswa agar berhasil dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diharapkan, upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara memperhatikan siswa, menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat, dengan adanya penggunaan metode yang tepat proses belajar mengajar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran, selain itu baik murid maupun guru harus memiliki sikap kemampuan dan keterampilan yang mendukung proses belajar mengajar.Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan Model Pemaduan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 5 Malang.(2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar ekonomi siswa setelah diterapan Model Pemaduan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 5 Malang.(3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas X-6 SMA Negeri 5 Malang setelah diterapkan Model Pemaduan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT).
Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan induktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Alat pengumpulan data menggunakan, Soal tes, lembar observasi, lembar catatan lapangan, angket dan pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2007/2008. Data untuk motivasi belajar ekonomi siswa dapat diperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama sebesar 80% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 92%. Sedangkan Ketuntasan belajar ekonomi siswa juga mengalami peningkatan dimana siklus pertama rata-rata sebesar 67,6% dan pada siklus kedua menjadi sebesar 86,4%.
Kesimpulan yang dapat diperoleh dari Penerapan model pemaduan PBL dan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) yaitu: (1) Penerapan Model Pemaduan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 5 Malang dapat meningkatkan motivasi dan ketuntasan belajar ekonomi siswa. (2) Motivasi belajar ekonomi siswa kelas X-6 SMA Negeri 5 Malang setelah diterapan Model Pemaduan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) meningkat. (3) Ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas X-6 SMA Negeri 5 Malang setelah diterapkan Model Pemaduan Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) meningkat. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan, yaitu : (1) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 5 Malang, disarankan untuk mencoba menerapkan model pemaduan PBL dan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournamen (TGT) pada materi perilaku konsumen dan perilaku produsen dikarenakan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pemaduan PBL dan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT). (2) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 5 Malang, diharapkan dalam menerapkan pembelajaran model pemaduan PBL dan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) menggunakan variasi permainan sehingga siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. (3) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 5 Malang, disarankan untuk sering memberikan tugas, sehingga dapat meningkatkan kerajinan dan kedisiplinan siswa dalam menyelesaikan tugas. (4) Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournamen (TGT), guru perlu mengatur waktu, mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat, sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efesien.